Arzaquna FM News :
Home » » Download Mp3 Tayub Cilik Tulungagung

Download Mp3 Tayub Cilik Tulungagung

Senin, 28 Mei 2012 | 0 komentar

Kesenian daerah Jawa Timur khususnya diwilayah Trenggalek dan Tulung Agung Selain Kesenian Jaranan juga dikenal dengan Tayub-nya.
Dan kali ini saya kutib dari catatan blog tulungagungan bahwa Anggapan Tayub sebagai tarian mesum merupakan penilaian yang  keliru. Sebab, tidak seluruh Tayub identik dengan hal-hal yang negatif.  Dalam Tayub, ada kandungan nilai-nilai positif yang adiluhung.  Selain itu, Tayub juga menjadi simbol yang kaya makna tentang pemahaman  kehidupan dan punya bobot filosofis tentang jati diri manusia.
Kesan Tayub sebagai tarian mesum muncul pada abad 19. Pada  1817, GG Rafles dari Inggris, dalam bukunya berjudul ”History of  Java”, menulis Tayub sebagai tarian ronggeng mirip pelacuran  terselubung. Kesan sama juga dituliskan oleh peneliti asal Belanda, G  Geertz dalam bukunya ”The Religion of Java”.
Tapi, menurut koreografer Tayub Wonogiren, S Poedjosiswoyo  BA, orang Jawa akan protes bila kesan Rafles dan Gertz itu diterima  secara utuh. Sebab, kata dia, kesan mesum yang diberikan pada Tayub  hakikatnya terbatas pada pandangan sepintas yang baru melihat kulitnya  saja, tanpa mau mengenali isi maupun kandungan nilai filosofisnya.
Dalam buku ”Bauwarna Adat Tata Cara Jawa” karangan Drs R  Harmanto Bratasiswara disebutkan, Tayuban adalah tari yang dilakukan  oleh wanita dan pria berpasang-pasangan. Keberadaan Tayub berpangkal  pada cerita kadewatan (para dewa-dewi), yaitu ketika dewa-dewi mataya  (menari berjajar-jajar) dengan gerak yang guyub (serasi).
Menurut Poedjosiswoyo, berdasarkan sejarahnya, Tayub lahir  sebagai tarian rakyat pada abad Ke XI. Waktu itu, Raja Kediri berkenan  mengangkatnya ke dalam puri keraton dan membakukannya sebagai tari  penyambutan tamu keraton. Betapa Tayub memiliki kandungan nilai  adiluhung, kiranya dapat disimak dari tulisan dalam buku ”Gending dan  Tembang” yang diterbitkan Yayasan Paku Buwono X.
Dalam buku itu disebutkan, Tayub telah dipakai untuk  penobatan Prabu Suryowiseso sebagai Raja Jenggala, Jawa Timur, pada abad  XII. Keraton Jenggala kemudian kemudian membakukan Tayub sebagai tari  adat kerajaan, yang mewajibkan permaisuri raja menari ngigel (goyang) di pringgitan untuk menjemput kedatangan raja.
Nilai Agamis
Tayub juga diyakini memiliki kandungan nilai agamis. Hal itu  terjadi pada abad XV, ketika Tayub digunakan sebagai media syiar agama  Islam di pesisir utara Jawa oleh tokoh agama Abdul Guyer Bilahi, yang  selalu mengawali pagelaran ayub dengan dzikir untuk mengagungkan asma  Allah.
Budaya kejawen penganut paham tasawuf menilai Tayub kaya  kandungan filosofis akan gambaran jati diri manusia lengkap dengan  anasir keempat nafsunya. Dalam tarian itu selalu ada penari pria yang  menjadi tokoh sentral, sebagai visualisasi keberadaan Mulhimah. Kemudian  dilengkapi dengan empat penari pria pendamping, yang disebut sebagai  pelarih, sebagai penggambaran anasir empat nafsu manusia, terdiri atas  aluamah (hitam), amarah (merah), sufiah (kuning) dan mutmainah (putih).
Selain itu, pemeran penari tledhek wanita sebagai  penggambaran dari cita-cita keselarasan hidup yang diidamkan manusia.  ”Yang inti kesimpulannya, untuk meraih cita-cita, harus terlebih dahulu  mampu mengendalikan anasir empat nafsu. Yang ini identik dengan pakem  wayang lakon Harjuno Wiwoho-Dewi Suprobo,” kata Poedjosyswoyo.
Di Trenggalek dan Tulungagung, Tayub juga dikenal sebagai Lelangen Beksa.  Kesenian ini berpotensi sebagai sarana pergaulan yang merakyat dan  aktual. Hampir di setiap bulan “baik”, Lelangen Beksa digelar untuk  acara hajatan di daerah pinggiran Tulungagung.
Bagi yang mau dpwnload Mp3 Tayub Tulungagungan kali ini saya persembahkan buat kawan-kawan Kurnia Fm,namun kali ini tayub versi Anak,semua penabuh dan penyanyi masih anal-anak :

DOWNLOAD:
  1. Bintang Kecil__Jesica.mp3
  2. Cewek Gaul__Vico.mp3
  3. Goyang Ndomble__Diah Anggraini & Jithul.mp3
  4. Ilange Gelang Kalung__Tanti.mp3
  5. Ngamen 2__Jesica.mp3
  6. Pacobaning Urip__Diah Anggraini.mp3
  7. Pambuko __Diah ANggraini.mp3
  8. Sekolah__All Artis.mp3
  9. Tembang Kangen__Diah Anggraini.mp3
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Alley Kurnia | Dhani Antara
Copyright © 2011. Arzaquna FM - Arzaquna FM
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger