Arzaquna FM News :
Home » » BP Migas Jamin Eksplorasi Sumur Lapindo Aman

BP Migas Jamin Eksplorasi Sumur Lapindo Aman

Senin, 17 September 2012 | 0 komentar

SURABAYA -Dhani Antara Spirit Baru.Badan Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara menjamin kegiatan eksplorasi sumur migas baru di wilayah kerja Lapindo Brantas Inc berlangsung aman.

"Keyakinan ini karena penggalian minyak dan gas bumi di sana akan dilakukan di beberapa sumur migas yang potensial dan memiliki kedalaman rata-rata 1.000 meter. Bahkan penggalian itu rencananya dilaksanakan di lapisan atas, tidak seperti di Sumur Banjarpanji yang dibor hingga kedalaman 3.000 meter," kata Kepala BP Migas Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara, Agus Kurnia, saat ditemui dalam Pisah Sambut dan Halal bi Halal BP Migas Perwakilan Wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara, di Surabaya, Senin malam.

Namun, ia mengungkapkan, sampai sekarang kegiatan eksplorasi di beberapa sumur baru Lapindo Brantas Inc terkendala oleh belum keluarnya izin upaya kelola lingkungan dan upaya pengelolaan lingkungan (UKL UPL).

"Hal itu dikarenakan pengeluaran izin UKL UPL tergantung masyarakat setempat," ujarnya.

Apalagi, jelas dia, pengeluaran izin UKL UPL tidak hanya meliputi fisik tetapi masyarakat Sidoarjo juga termasuk bagian dari lingkungan di sana. Untuk itu, BP Migas siap melakukan serangkaian sosialisasi dan edukasi ke masyarakat agar mereka tidak salah paham tentang kegiatan eksplorasi.

"Kami paham secara psikologis, masyarakat Sidoarjo trauma dengan kegiatan eksplorasi terutama sejak terjadinya peristiwa lumpur beberapa tahun lalu," katanya.

Pada kesempatan sama, "Vice President Operation" Lapindo Brantas Inc, Aunul Bari, menyatakan, potensi gas di sumur migas baru di wilayah kerja Lapindo Brantas, Sidoarjo sangat besar. Angka produksi gas di sana diprediksi mencapai 20 juta kaki kubik per hari.

"Estimasi produksi gas sebanyak jutaan kaki kubik itu merupakan perkiraan ekuivalen artinya tidak hanya mengandung gas melainkan berpeluang memproduksi minyak," katanya.

Di samping itu, tambah dia, besarnya potensi gas dan minyak yang terkandung didukung oleh keberadaan 26 sumur baru di kawasan kerja Lapindo Brantas Inc.

"Untuk mengoptimalkan potensi migas di sana kami percaya bisa melakukan penggaliannya dengan aman mengingat kebutuhan kedalaman sumur migas mencapai 1.000 meter," katanya.

Ia berharap, proses eksplorasi minyak dan gas bumi di sumur baru tersebut dapat segera dilaksanakan mengingat hasil penggaliannya akan dikembalikan untuk masyarakat.

"Gas yang diproduksi di lapangan migas Lapindo dan Ngunut sangat bermanfaat bagi masyarakat. Untuk itu, kami imbau agar masyarakat di sana bisa memberikan dukungan," katanya.*Rprt@Dhani Arza
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Alley Kurnia | Dhani Antara
Copyright © 2011. Arzaquna FM - Arzaquna FM
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger