Arzaquna FM News :
Home » » Nilai Rupiah Hari Ini Masih Mengalami Penurunan

Nilai Rupiah Hari Ini Masih Mengalami Penurunan

Selasa, 05 Juni 2012 | 0 komentar

Dhani Antara Spirit Baru.Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS melemah tipis 10 poin pada Selasa sore seiring sikap pelaku pasar yang masih wait and see terhadap kebijakan pemimpin Eropa dalam mengatasi gejolak Yunani.
Rupiah dalam transaksi di pasar spot antarbank di Jakarta Selasa (05/6/2012) sore turun 10 poin menjadi 9.440 per dolar AS dibanding posisi sebelumnya 9.430 per dolar AS.

"Rupiah sempat menguat, namun kembali melemah setelah pembuat kebijakan di Uni Eropa terus menerus mengangkat wacana ekspansi kekuatan `European Stability Mechanism`," kata analis Monex Investindo Futures Ariston Tjendra.

Ia menambahkan, sebagian pelaku pasar masih mengkhawatirkan kondisi Eropa meski ada langkah kebijakan dari pemimpin Eropa untuk menemukan landasan kebijakan bersama.

Ia mengatakan, Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral dari Kelompok G7 direncanakan akan menggelar pembahasan krisis hutang Eropa, diharapkan dapat menghasilkan langkah yang positif.

Ia juga mengatakan, sentimen negatif yang dihadirkan data ketenagakerjaan AS pekan lalu berangsur-angsur mereda setelah Perancis dan Komisi Eropa menyatakan dukungannya terhadap wacana penyelamatan bank-bank bermasalah dengan menggunakan dana bailout permanen zona Euro.

Pekan ini, lanjut Ariston, bank sentral Eropa (ECB) akan mengumumkan kebijakan moneternya dan pandangan mengenai outlook ekonomi Eropa ke depannya.

"Kalangan analis memprediksi tidak ada perubahan suku bunga acuan yang berlaku saat ini yakni satu persen. Pelaku pasar juga akan memperhatikan respon Presiden ECB mengenai kondisi krisis hutang Eropa saat ini," katanya.
Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada, Selasa (5/6) tercatat mata uang rupiah belum bergerak nilainya di posisi 9.463 per dolar AS.Report@Dhani Arza
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Alley Kurnia | Dhani Antara
Copyright © 2011. Arzaquna FM - Arzaquna FM
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger